Backpacker 4D3N Pulau Belitung ( Negri Laskar Pelangi )

Pulau indah nan eksotis dengan batu-batu besar nya : Pulau Belitung

Sedikit gue mao bahas backpackeran ke negri laskar pelangi ini. Buat kalian yang mao traveling backpacker tanpa menggunakan jasa tour and travel mudah-mudahan ini bisa jadi referensi buat kalian.

Trip gue ke negri laskar pelangi ini sebenarnya emang udah gue rencanain sama temen gue yang namanya manyun buat agenda trip tahunan, tepatnya di bulan agustus 2018 gue bakal mutusin berangkat karna masih musim kemarau dan itu cuaca yang bagus untuk ngelakuin trip ke pulau.

Awalnya gue cuma mao pergi berdua tapi kayanya kurang seru klo cuma pergi berdua dan itu juga bakal bikin bajet keluar lebih banyak, akhirnya gue ngajak temen gue yang nama nya waed orang yang selalu stanby kapan aja kalo diajak ngetrip, sebelum nya gue udah pernah ngetrip juga sama kedua temen gue ini ke gunung guntur. Gue cari-cari tiket buat berangkat bulan agustus dan alhamdulillah gue dapet tiket yang bisa dibilang lagi murah cuma sekitar 800k untuk pulang pergi dengan pesawat Sriwijaya untuk keberangkatan dan Nam air untuk pulang nya.

Karena sebelumnya belum pernah ada yang kebelitung modal gue cuma lewat internet aja buat explore negri laskar pelangi ini, gue berangkat sekitar jam 12 an  karena pesawat buat kebelitung berangkat jam 15:00 biar masih punya banyak spare waktu juga, gue ke Bandara Soeta pake taxi online ( grab ) kurang lebih 170k sampe sekitar jam 13:00 lumayan kan bisa istirahat dulu sambil nunggu berangkat.

Gue sampe dibandara belitung sekitar jam 16:05 lumayan cepet karena jakarta belitung ngga terlalu jauh cuma makan waktu 1 jam kalo naek pesawat
sampe dibandara belitung gue agak sedikit bingung sih mau kemana tujuannya cuma ke kota aja tapi belum nyari hotel atau penginapan yang pas dimana, dibandara sendiri menyediakan taxi konvensional dan masyrakat yang menjadikan mobil pribadi untuk menjadi taxi kalo buat taxi online baru ada gocar aja tapi masih sedikit.
Akhirnya gue mutusin buat pake taxi masyarakat aja buat ke tanjung pandan sekalian minta referensi buat diantar ke penginapan yang harga nya ngga terlalu mahal, dari bandara ke kota tanjung pandang kurang lebih sekitar 30-40 menit menggunakan mobil.

Bapak taxipun merekomendasikan gue buat nginap di penginapan Sriwijaya dan setelah gue liat-liat ternyata cocok dengan harga 150k permalam untuk 1 kamar 2 orang karena gue bertiga sayang juga buat nyewa 2 kamar akhirnya disaranin buat nambah bed 50k jadi total permalam 200k untuk 1 kamar 3 orang dengan tambahan bed. Setelah deal kita chek in buat istirahat dan punya tujuan ke pantai tanjung pendam malam nya, tapi sayang rencana buat kepantai tanjung pendam nya gagal karna motor yang disewakan pihak penginapan cuma ada 1 dan 1 nya lagi baru ada besok pagi dengan berat hati cuma keluar nyari makan terus tidur lagi, harga motor yang disewakan perhari 60k
lumayan lah ngga terlalu mahal ngga terlalu murah juga.

Siap-siap buat Hoping island
Pagi pun tiba dan gue siap-siap buat hoping island atau menjelajahi pulau dalam 1 hari, jarak yang ditempuh dari penginapan ke tempat penyebrangan buat hoping island sekitar 45 menit. Setelah sampe kita negosisasi buat sewa perahu dan alat snorkling, untuk perahu kita deal 450k dan untuk alat snorkling 50k perorang jadi total 700k.

Jarak antar pulau ke pulau di belitung ini ngga terlalu jauh berkisaran 30 menit di setiap pulau nya pualu pertama yang gue liat pulau burung garuda tapi sayang pulau ini ngga bisa disinggahi karna resiko kapal tertabrak karang akhirnya lanjut kepulau berikutnya yaitu pulau batu berlayar pas singgah dipulau ini bener sih indah banget batu-batu besar nya ini yang bikin eksotis ditambah air yang jernih banget.

Pulau batu berlayar

Setelah puas main-main dipulau kelayang ini gue lanjut ke pulau pasir sekitar 20 menit dari pulau kelayang, pulau pasir ini aga sedikit unik karna pulau ini bisa keliatan dan bisa tenggelam bila air laut sedang pasang dan jika beruntung akan banyak bintang laut yang bertebaran dipulau ini, gue sendiri si bisa dibilang ngga terlalu beruntung juga karna pas sampe pulau pasir mulai tidak terlihat karna air laut mulai pasang tapi lumayan lah pulau nya masih kelihatan.

Pulau pasir

Setelah pulau pasir kita lanjut kepulau lengkuas yang menjadi primadona bagi wisatawan dalam negri maupun wisatawan mancanegara yang jaraknya hanya berkisar 30 menit dari pulau pasir

Pulau lengkuas ini memang benar-benar dapat memanjakan mata bagi wisatawan yang datang tidak peduli dengan teriknya panas sinar matahari
Tapi sayang mercusuar tidak dibuka kita hanya bisa naik sampai di tengah mercusuar tidak sampai kepuncak mercusuar.

Kita lanjut kepulau kelayang yang ngga kalah indah sama pulau-pulau yang ada dibelitung pulau kelayang ini jarak nya sekitar 40 menit dari pulau lengkuas dan pulau kelayang ini arah pulang ke tempat penyebrangan awal.

Ada tempat yang gue kira itu tempat terbaik si menurut gue dipulau kelayang dimana ada goa batu-batu besar yang berisi air sangat dingin dan jernih tembus langsung kelaut.

Pulau kelayang ini pulau terakhir buat hoping island sebenarnya masih banyak pulau lagi yang belum gue kunjungi tapi karena keterbatasan waktu gue cukup sampe dipulau kelayang ini dan lanjut ke pantau tanjung tinggi sekitar 20 menit ya pantai yang sangat terkenal berkat film laskar pelangi karya andrea hirata ini sangat ramai dikunjungi baik pagi maupun disore hari

Pantai Tanjung Tinggi

Puas dengan hoping island dan pantai tanjung tinggi gue mutusin untuk balik kepenginapan karna waktu juga udah sore gue manfaatin buat istirahat karena besok masih ada agenda buat ke sekolah laskar pelangi dan danau kaolin.

Siap-siap buat ke sekolahnya lintang dkk
Semangat pun belum surut buat explore belitung, di hari ketiga gue lanjutin buat ke replika sekolah muhammadiyah 1 gantong ( sekolah laskar pelangi ) bisa dibilang ini lumayan juah dari kota dan dari penginapan gue karena sekolah laskar pelangi ini masuk wilayah belitung timur yang jaraknya kurang lebih 1 jam setengah gue tempuh pake motor dan bermodalkan google maps, diwilayah belitung timur sendiri banyak tempat wisata selain sekolah laskar pelangi tapi gue hanya mengunjungi sekolah laskar pelangi aja ya maklum udah cape dijalan.

Disini gue ngga lama-lama cuma sedikit buat baca story dan foto-foto aja terus gue lanjut ke museum kata andrea hirata yang letaknya ngga jauh dari replika sekolah laskar pelangi ini .

Disini gue bisa istirahat dan ngopi-ngopi karna ada tempat rekomded buat santai dan ngopi ada yang jual oleh-oleh juga khas belitung, selesai ngopi gue lanjut arah balik ke tempat wisata berikut nya yaitu danau kaolin.

Danau kaolin ini bekas pertambangan timah yang sudah tidak digunakan lagi dan sekarang menjadi objek wisata di belitung.
Sudah cape dan panas gue lanjut untuk balik ke penginapan buat tidur dan malem gue siap-siap buat ngopi-ngopi dan belanja oleh-oleh menghabiskan malam terakhir dibelitung yang sangat berkesan di trip gue kali.
buat kalian yang ingin pergi kebelitung usahaiin dapet pesawat yang pagi awal keberangkatan jam 06:00 biar bisa explore lebih banyak tempat wisata dibelitung persiapkan juga untuk cari tempat buat tidur mau itu hotel atau penginapan.

Itu sedikit cerita trip gue dibelitung dan suatu saat ingin berkunjung kesini lagi buat expolre lebih luas!!!

Belum ada Komentar untuk "Backpacker 4D3N Pulau Belitung ( Negri Laskar Pelangi )"