Dilema Mahasiswa Lulus dengan Prinsip ( gpp kuliah lama yang penting lulus )


Kiri:Ncank, Tengah:gue, Kanan:Bhagus

Masa-masa sulit mahasiswa saat semsester akhir dan nilai yang berantakan.
Pamulang, 2011
Tepat nya 15 September 2011 awal pertama kali gue masuk kuliah di Unpam ( Universitas Pamulang ) dan gue ngambil jurusan Teknik Informatika, bisa dibilang sangat jauh dari basic gue yang lulusan SMK dengan jurusan Akuntasi tapi gue memutuskan untuk kuliah dengan jurasan teknik informatika yang hanya bermodalkan ketertarikan gue akan dunia teknologi.

Gue ngambil  kelas karyawan yang hanya kuliah sekali dalam 1 minggu ( ya maklum karena sambil kerja juga ) di awal-awal masa kuliah gue terlihat biasa aja sama seperti mahasiswa pada umum nya dan gue mulai tertarik dari semua latar belakang temen-temen kelas gue karna berbagai bidang profesi ada disitu dalam satu kelas, gak bisa gue sebutin deh profesi nya apa aja poko nya banyak deh, dan gue kira gue aja yang basic akuntansi terus kuliah ngambil jurusan IT, eh ternyata banyak juga temen sekelas gue yang bukan dari basic IT, jadi motivasi juga buat gue biar ngga terlalu keliatan gaptek banget deh sama pelajaran yang akan di bahas.

Nah bener kan pas pertama kali gue dapet materi kuliah gue mulai berfikir keras ini berlajar apaan ya, gue ngga ngerti sama sekali sama materi nya sampe-sampe gue cuma dengerin aja sambil berusaha buat mahamin apa yang disampein sama dosen dan alhamdulillah gue mulai sedikit ngerti sama materi nya, klo ngga salah materinya tentang algoritma dan pemograman dan disini pertama kali gue kenal bahasa komputer atau bahasa C atau C++ dimana cuma komputer yang bisa baca bahasa C ini, klo dibilang rumit ya jelas rumit banget karena dalam bahasa tersebut harus bener-bener teliti dalam penulisannya kalo salah titik atau koma aja bisa ngga jalan programnya.

Masih Semangat Belajarnya
Gue pun mulai kenal sama temen-temen baru dikelas gue hampir semua nya kenal secara deket ya karena emang dikelas gue itu kurang lebih ada 40 orang isinya laki-laki semua jadi gampang akrab deh, secara pertemanan ya alhamdulillah enak gak ribet tapi secara sisi biologis ada yang kurang menarik wkkwk biasalah laki-lak.
Tapi tetep kalo urusan belajar mah tetep fokus
ya mungkin karna masih semester-semester awal jadi masih semangat banget buat ngampusnya ketemu temen baru, nongkrong bareng pas jam istirahat sama pulang, ngomongin apaan aja deh yang bisa dibahas termasuk ghibah emang cewe doang bisa ghibah cowo juga bisa cuma radar statmennya aja yang sedikit kurang frontal.
gue pun mulai deket sama beberapa orang yang biasa istirahat bareng bisa di bilang satu genk lah ada Kiki Cimeng, Bhagus gendut, adi kadok sama hafiz, mungkin dari sisi negative nya disini awal mula kehancuran masa kuliah wkwkwk.

Beranjak ke semester 3 dan 4 salah satu temen gue yang bernama bhagus dapet project untuk ngerakit 40 komputer dan upgrade 30 komputer di sekolah mentari internasional school cipete jakarta selatan, gue sama cimeng diminta buat bantuin project tersebut kebetulan gue lagi ngangur juga baru resign dari tempat kerja, gue si ngga berharap banyak buat digaji sama dia disini itung-itung gue belajar buat ngerakit sama upgrade komputer yang emang gue belom ngerti
Sama sekali dan alhamdulillah gue bersyukur berkat dia juga gue jadi ngerti sama daleman komputer bisa ngerakit plus installnya, project nya si kurang lebih kita kerjain hampir satu bulanan dan disini lah kita mulai berangan-angan hhha ngumpulin duit buat bikin usaha bareng dan traveling, buat traveling nya bakal gue bahas di blog selanjutnya, setelah projectnya selesai si bhagus langsung meried maklum abis ketimpaan duit banyak.

Kedekatan pertemanan gue pun semakin dekat dengan mereka dan mulai males buat ngampus karna sibuk buat berangan-angan dan nongkrong-nongkrong yang bisa dibilang ngga jelas, ditahun selanjutnya si bhagus ini dapet project lagi bisa dibilang si bhagus ini rezekinya bagus banget, dia dapet project buat smoothboard dan semacam kamera sensor inflared. Dia nelpon gue !! Bhagus : Din lu bisa bikin smoothboard ngga ? Gue : bisa ( modal nekat yang padahal gue sendiri ngga tau smoothboard itu apaan ) lu kirim aja contohnya sama bajet nya berapa. Bhagus : yang semacam pulpen kaya yang di pake mario teguh din. Gue : oke nnti kita atur buat belanja barang nya.
Projectnya pun kurang lebih kita kerjain hampir sekitar 1 bulanan dan alhamdulillah disini kita dapet uang yang lumayan besar dan lagi-lagi kita merencanakan dan menyisihkan uang untuk traveling kuliah pun semakin malas.

Masa-masa kehancuran kuliah
Beranjak ke semester  5 dan 6 disinilah masa terburuk selama jadi mahasiswa gimana ngga buruk coba selama dua semester kita dateng kekampus tapi ngga pernah masuk kelas malah nongkrong di kantin si ema ngeliat orang main catur, tanpa mikirin kedepannya gimana mungkin dalam fikiran juga : bayar kuliah pake uang sendiri ini bukan pake uang orang tua.
Nilai pun berantakan di dua semester ini ancur seancur-ancurnya disini ngerasa sedih sih karna bayar kuliah tapi ngga ada hasil ( Mulai mikir mulai nyesel )

Beranjak ke semester 7 dan 8 gue dan temen-temen gue sepakat mulai rajin dan memperbaiki nilai-nilai kuliah karna ada beberapa temen gue yang udah mulai buat skripsi dan proposal skripsi sedangkan gue boro-boro buat proposal skripsi mikirin nilai aja masih ruwet banget dengan begitu banyak nya nilai yang E dan syarat buat proposal itu harus 124 sks tanpa nilai E.

Perjuangan Terberat saat kuliah
Dititik inilah perjuangan terberat gue saat jadi mahasiswa di semester 9 dan 10 dimana sebagian temen-temen gue udah ada yang lulus pakai toga dan gue masih mondar-mandir numpang kelas buat benerin nilai gue yang E, taukan yang namanya numpang kelas, Sedih siih udah nya ngga ada yang kenal, ngga di anggep klo ada tugas kelompok ngga ada yang ngajak berat banget rasa nya kuliah begini ( biasa penyesalan selalu ada dibelakang ) tapi gue terus berjuang dan gue punya prinsip : GPP KULIAH LAMA YANG PENTING LULUS itu sih prinsip yang gue pegang abis mau gimana lagi mau mundur sayang, sayang biaya sayang waktu dan sedih juga temen gue si kadok dan hafiz harus mundur dan ngga ngelanjutin kuliah nya gue juga ngga tau alesan jelasnya knp mereka mundur padahal sayang juga udah disemester akhir tapi mau gimana lagi itu udh jadi keputusan mereka dan gue, cimeng sama bhagus masih tetep lanjut buat ngeraih topi toga itu dan janji buat lulus bareng dan cimeng bilang klo kita lulus bareng dia bakal traktir buat traveling ke semeru gue ngga tau itu omongan bulshit apa lagi ngelantur yang jelas gue tetep fokus benerin nilai sambil bikin skripsi dan gue mulai pake jurus-jurus gue sewaktu sekolah jurus pendekatan terhadap pihak-pihak penting yang ada dikampus wkwkk gue temuin wakaprodi diruangan nya buat minta dia jadi dosen pembingbing gue, gue lobi setiap gue masuk ruangannya gue bikinin kopi atau teh dan alhamdulillah jurus gue berhasil gue langsung bisa bimbingan ke wakaprodi dan langsung nyerahin empat bab sekaligus biar revisi nya sekalian ngga bolak balik.
Si bhagus sama cimeng pun sibuk sendiri-sendiri
Kita yang dulunya deket kemana-mana barengan pas di akhir-akhir masa kuliah pun pada sibuk dengan urusannya sendiri gue sempet rada kecewa sih jadi inget petikan kata khalil hibran : TIDAK ADA YANG NAMANYA SAHABAT YANG ADA HANYA KEPENTINGAN.
tapi ya udahlah mungkin mereka juga sedang kesulitan dengan urusan skripsi nya, simpen rasa kecewanya biar gimana juga kita pernah seneng bareng-bareng.

Akhirnya gue pun lulus di 2016 dan memilih wisuda di 2017 bareng Cimeng dan bhagus sesuai kesepakatan kita klo kita lulus bareng cimeng bakal traktir traveling ke semeru.
Selesai akhir perjuangan gue sebagai mahasiswa meski perjuangannya berat banget dan lulus dengan prinsip yang gue bawa GPP KULIAH LAMA YANG PENTING LULUS

Pesen : 
- jangan nanya cimeng karena ngga sempet foto bareng
- Ngga usah nanya tentang sidang karena sidang itu hari pembantaian hhhaa
- Sedeket apapun temen saat kuliah jangan di harapkan karna nantinya akan sibuk dengan urusannya masing-masing
- Manfaatin waktu sebaik mungkin ngga usah bolos-bolos nanti bakal repot diakhir nya
- Pake jurus deketin orang penting sesuai prodi klo bisa minta bimbingan sama dia, knp ? Karena dia selalu stanby dikampus jadi kita ngga repot nemuin buat bimbingan
- Harus punya prinsip
- Teguhkan hati
- Jangan lupa Shalat dan berdo'a

Terima kasih ...

Belum ada Komentar untuk "Dilema Mahasiswa Lulus dengan Prinsip ( gpp kuliah lama yang penting lulus )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel