Kartu Kredit Wajib Pakai PIN 1 Juli 2020, Apa itu Visa Contacless ?

Semua kartu kredit wajib menggunakan pin per tanggal 1 Juli 2020.
Lantas bagaimana dengan yang tidak menggunakan pin ? 

Gambar : akki ( ig )

Pertanggal 1 Juli 2020 Bank Indonesia menerbitkan peraturan bagi pemegang kartu kredit wajib menggunakan pin. dan ada juga metode pembayaran dengan kartu Contacless.

Apa itu Contacless ?
Contacless adalah cara membaca kartu yang baru dimana kartu hanya perlu di tap dan tidak perlu dimasukan ke mesin EDC. Untuk mengetahui apakah kartu anda sudah contacless, anda hanya perlu mencari simbol contacless pada kartu yang bentuk nya seperti logo wifi. Dan sesuai ketentuan Bank indonesia, semua transaksi contacless hingga 1 ( satu ) juta rupiah tidak memerlukan pin.

Dengan diberlakukannya wajib pin untuk semua kartu kredit yang ada di indonesia, kini para pemegang kartu kredit tidak perlu khawatir bila kartu tersebut hilang atau di curi oleh seseorang yang mana dahulu bisa digunakan dengan hanya menggunakan tanda tangan.

Lantas bagaimana untuk mengaktifkan kartu yang belum menggunakan pin ?
Untuk anda yang belum mengaktifkan kartu menggunakan pin anda bisa mengaktifkan secara online dengan masuk ke alamat web wajib pin yaitu : www.akki.or.id/WajiPIN 
anda juga bisa menghubungi Bank penerbit kartu anda.

Lalu bagaimana dengan kartu yang tidak menggunakan pin setelah 1 Juli 2020 ?
Kartu kredit anda tidak bisa digunakan untuk bertransaksi, karena transaksi tidak dapat diverifikasi dan ini akan berlaku untuk semua kartu kredit yang diterbitkan di indonesia.

Wajib pin ini berlaku untuk semua kartu kredit yang diterbitkan di indonesia dan semua jenis kartu kredit baik Visa, Mastercard, JCB, dll.

Untuk kartu kredit yang diterbitkan oleh Bank luar ( Bank Asing ) non indonesia maka akan mengikuti verifikasi kartu kredit penerbit masing-masing, bisa menggunakan pin atau tanda tangan.

Informasi lebih lanjut pemegang kartu bisa menghubungin penerbit kartu kredit masing-masing


Belum ada Komentar untuk "Kartu Kredit Wajib Pakai PIN 1 Juli 2020, Apa itu Visa Contacless ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel