Cara Mengindari Resiko Cidera Saat Olahraga Sepakbola





Kesebelasan PBC Fc

Sepakbola permainan yang sangat digemari di seluruh dunia ini sudah sangat populer bagi semua kalangan dan tidak memandang batasan usia untuk bermain sepakbola mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua. 

Olahraga yang menjadi banyak kegemaran masyarakat inipun mempunyai cukup resiko, mulai dari resiko cidera ringan sampai cidera berat.

Untuk athlet profesional mungkin sudah dibekali  pengetahuan untuk lebih sedikit menghindari resiko cidera saat bermain sepakbola namun tidak dengan masyarakat dan para pemain-pemain non profesional yang masih minin pengetahuan akan hal tersebut, ya karena memang tujuan nya hanya berolahraga dan menyalurkan hobi saja.

Seperti di ketahui olahraga sepakbola merupakan olahraga yang cukup menguras banyak tenaga karna dimana semua sistem dalam tubuh bekerja baik itu otak maupun otot.

Berikut cara menghindari resiko cidera saat berolahraga sepakbola :

  1. Terpenuhinya Cairan dalam Tubuh : karena akan banyaknya energi yang akan dikeluarkan maka kondisi cairan dalam tubuhpun menjadi yang utama dalam hal ini dimana akan sangat berbahaya apabila seseorang yang berolahraga sangat berat dan menguras tenaga ini sampai kekurangan cairan karena akan mengakibatkan seseorang tersebut dehidrasi, jadi baiknya sebelum melakukan olahraga tersebut kita harus memenuhi cairan dalam tubuh dengan tepat usahakan konsumsi air yang cukup.
  2. Kondisi Tubuh yang Fit : dengan mengkonsumsi air yang cukup akan menimbulkan efek pada kondisi tubuh yang fit dan ini sangat membantu untuk kita melalukan segala aktifitas terlebih khusus olahraga sepakbola agar terhindar dari resiko cidera, jika kondisi anda kurang fit jangan paksakan untuk melakukan olahraga tersebut lebih baik istirahat untuk sementara waktu.
  3. Melakukan Pemanasan : Ini sangat penting untuk dilakukan karena otot-otot dan sendi-sendi dalam tubuh akan sangat beresiko terkena cidera bila terbentur dalam kondisi otot yang kencang karena dipaksa langsung bekerja, melakukan pemanasan bisa dengan jogging atau lari-lari kecil diseputar area lapangan.
  4. Stretching ( Peregangan Otot ) : Setelah melakukan pemanasan sangat penting untuk melakukan stretching agar otot dan sendi dapat bekerja secara optimal, melakukan stretching pun tidak boleh sembarangan harus dilakukan secara teratur dan berurutan tidak boleh mengacak, jika dimulai dari bagian kepala maka dilanjutkan ke bagian bahu, tangan, pinggang sampai ke pergelangan kaki begitu pun sebalik nya jika dimulai dari pergelangan kaki harus berurutan sampai kepala agar peredaran darah dapat bergerak dengan lancar.
  5. Paling Penting : Membaca Do'a dan Mohon Perlindungan kepada Allah SWT.

Itulah beberapa cara untuk menghindari resiko cidera saat olahraga sepakbola, jika ada yang kurang dan ingin melengkapi silahkan isi dikolom komentar...

Terima kasih semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengindari Resiko Cidera Saat Olahraga Sepakbola"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel