Gunung Guntur Garut Kecil-Kecil Cabe Rawit

Sum : IG Volunteerguntur

Gunung guntur Garut yang terletak didaerah jawa barat ini bisa dibilang gunung yang sangat cocok untuk pendaki pemula karna hanya berketinggian 2249 Mdpl, namun tidak mudah untuk menaklukan gunung tersebut karna track menuju puncak yang cukup terjal.

Pengalaman pertama gue mendaki yaitu ke gunung guntur sekitar bulan September 2015, gue diajak temen gue yang nama nya fani tompel sama jamal manyun yang bisa dibilang mereka sudah berpengalaman karena sudah beberapa kali mendaki gunung, tapi mereka tertarik untuk pergi mendaki ke gunung guntur karena memang belum pernah kesana yang dibilang katanya gunung guntur tuh pendek tapi track nya lumayan kaya semeru nya jawa barat lah.

Akhirnya gue buat rencana  untuk kesana, tapi karena cuma bertiga gue rasa tanggung bisa dibilang ngeri juga si klo kemana-mana pergi dengan orang ganjil kata orang tua dulu mah bahaya apalagi pergi nya naek gunung walaupun itu cuma mitos, dan akhirnya gue ngajak temen gue yang namanya waed karena gue tau si waed mah anytime mau kemana juga di Gaassss.

Si waed ini pernah naek gunung juga jadi bisa dibilang udah pengalaman berarti cuma gue yang belum punya pengalaman naek gunung, sebelum gue berangkat gue nanya ke si tompel apa aja yang harus dibawa dan disiapin dia bilang ngga usah nyiapin apa-apa lu nyiapin fisik ajah biar yang lainnya gue siapin, mmhhh jadi enak

Sebelum berangkat kita ngumpul dirumah tompel sambil ngumpulin informasi dan nanya-nanya sama yang udah pernah kesana gimana jalan nya dan turun dimana, dapet sedikit informasi dari saudara nya si tompel yang udah pernah kesana.
Masih ragu-ragu juga buat berangkat karena kondisi dibeberapa gunung sedang terbakar akibat kemarau panjang, cuma bismillah aja mudah2an dibuka biar masih ada rasa deg-deg kan juga di hati.

Kita semua sepakat jalan abis magrib karna bus yang tujuan kampung rambutan cuma sampe jam 7 malem, alhamdulillah pada tepat waktu dan kita sampe dikampung rambutan sekitar jam 8 kurang sedikit, masih bisa santai sambil ngopi dulu sebelum lanjutin jalan lagi menuju garut.
Selesai santai-santai kita lanjutin jalan jam 9 dan sampai di garut sekitar jam 4 waktu itu turun di pom bensin tepat dibawah kaki gunung guntur gue lupa nama pom bensinnya apa, poko nya kalo mao naek gunung guntur turun nya disitu beda kalo mao naek dari jalur lain ya.
Karena sampe jam 4 an kita masih bisa tidur sebentar sebelum mulai tracking.

Matahari pun udah mulai nunjukin sinar nya tanda nya udah disuruh siap-siap nih buat tracking tapi jangan lupain sarapan ya, dan gue mulai tracking sekitar jam 7 jalan pelan-pelan dari pom bensin sampe ketempat registrasi lumayan lah sekitar 30 menit, alhamdulillah deg-deg kan nya hilang karna pos registrasi nya dibuka cuma dititip pesen di pos registrasi kalo ada si pig ( Babi ) jangan di timpah cukup di usir ajah, registrasi nya juga murah ngga mahal-mahal banget selow dehh.

Dari tempat registrasi gue mulai tracking santai, si tompel dapet informasi kata nya dari tempat registrasi ke pos pendakian mending naik mobil truk pengangkut batu/pasir cuma bayar 10k tapi kita milih buat jalan aja karena kata nya deket, setelah jalan lumayan lama ko belum keliatan pos pendakian pertama ya disini ketauan dari tempat registrasi ke pos pertama aja udah beberapa kali berhenti buat istirahat emang si waktu itu cuaca panas banget lagi kemarau panjang cuma kita ini lagi-lagi terjebak sama yang nama nya "Kata nya"

Sambil lanjutin perjalanan dengan bluetooth speaker di caril mencoba menikmati alunan lagu yang berputar satu demi satu buat penambah semangat yang alhamdulillah ngga terasa udah sampai di pos pertama dari pos pertama ini cukup jalan sebentar dan istirahat karna banyak warga yang berjualan, lumayan bisa pesen mie sama nutrisari disini sambil rebahan karna warga yang menjual makanan dan minuman nya juga sediain tempat yang nyaman.

Setelah istirahat cukup dan perut terisi stamina pun bertambah gue lanjutin perjalanan dari pos 1 ke pos 2 bisa di bilang si jarak nya ngga terlalu jauh dan track nya juga masih landai banyak pepohonan yang bikin adem dari panas nya sinar matahari yang super banget, kurang lebih sih 1-2 jam dari pos 1 ke pos 2 inih.

Dilanjut dari pos 2 ke pos 3 ini yang bisa dibilang track nya lumayan terjal dan berat banget buat gue yang baru pertama kali naek gunung karena track nya bebatuan dan lumayan miring pantes klo dibilang gunung guntur ini kecil-kecil si cabe rawit dan semeru nya jawa barat karna emang secara mdpl ngga terlalu tinggi tapi sulit buat ditaklukin.
Gue coba kuat-kuat in buat naek pelan-pelan sambil nimatin panas nya matahari dan pemandangan atas gunung guntur yang botak dan sisa alang-alang yang hangus terbakar, ngga kebanyang kan panas nya pada waktu itu

Foto : Pos 2 menuju pos 3

Setelah melewati track bebatuan dan track mulai sedikit landai nafas pun mulai sedikit lega ditambah mulai terdengar suara-suara dari pendaki lain yang menandakan pos 3 sudah dekat.
gue dan tompel pun melanjutkan perjalanan ke pos 3 agar cepat sampai karna di pos 3 ada sumber air. untuk temen gue yang lain si manyun sama si waed berjarak kurang lebih 30 menit dari gue sama si tompel bukan gue ninggal mereka tapi mereka minta buat ada dibelakang, dan gue sampe di pos 3 duluan berdua sama si tompel untuk ngisi air dan istirahat sebentar nunggu mereka.

Setelah di tunggu mereka pun sampai di pos 3 dan kita berkumpul untuk melanjutkan ke puncak, di pos 3 ini masih ada warga yang berjualan minuman dan stiker atau gantungan kunci untuk para pendaki, waktu itu gue sampai pos 3 sekitar jam 3 tapi sayang karena kondisi yang gue juga kurang faham pihak pengawasan gunung guntur tidak memperbolehkan para pendaki untuk mendirikan tenda di puncak, terpaksa akhir nya gue diriin tenda di pos 3, siap-siap juga buat masak dan bikin kopi.

Setelah selesai makan gue dan tompel lanjutin untuk muncak sedangkan si waed sama si manyun milih untuk tidur, gue pun muncak cuma berdua sama si tompel karena gue pengen tahu rasa nya liat sunset kaya yang di cerita-cerita in sama orang yang pernah naik gunung indah nya tuh gimana
Dari pos 3 ke puncak kurang lebih 1 jam track nya lumayan dengan tingkat kemiringan sekitar 75 % dan berbatu naik pun harus merangkat oh jadi ini makanya gunung guntur disebut semeru nya jawa barat.

Sampai nya di puncak gunung guntur gue coba nikmatin yang namanya sunset dan mengambil beberapa foto tapi sayang beberapa foto nya hilang
hanya menyisahkan sedikit foto

Itu beberapa foto gue ketika di puncak gunung guntur dan waktu itu gue sampe di puncak 1 dan puncak 2 karena guntung guntur meiliki beberapa puncak dan setelah gue fikir-fikir ternyata mendaki itu bukan cuma tentang keindahan tapi tentang bagaimana kita menikamti setiap perjalanannya mungkin disitu seni nya ada yang bilang naek gunung cape tapi besok-besok masih naek lagi.

Oh iya waktu naek dari pos 3 ke puncak sama turun nya itu waktu nya berbeda sangat jauh klo turun nya cuma sampe sekitar 10-15 menit karena ada jalur sendiri buat turun yang jalur nya pasir dan kerikil  dimana turun nya bisa kaya main sky di salju, merosot merosot menegangkan

Apa kabar gunung guntur sekarang ?

1 Komentar untuk "Gunung Guntur Garut Kecil-Kecil Cabe Rawit"